Apakah AHA itu ?

Metode AHA adalah cara berhitung cepat dengan jari tanpa rumus, hafalan dan coretan, yaitu dengan Aritmatika Jari (Fingering Theory). Merupakan salah satu metode di dalam terminologi Mental Aritmatika. Sedangkan Mental Aritmatika adalah sebuah ketrampilan berhitung cepat pada pelajaran matematika.

Teknik yang dikembangkan AHA akan membantu anak-anak menjadi lebih percaya diri dan meningkatkan kemampuan berhitung secara cepat dan akurat di pelajaran matematika. Pada tahap awal, anak-anak dilatih menggunakan jari-jari tangan konkret untuk berhitung tambah kurang dua angka (puluhan). Dan selanjutnya, mereka akan berlatih angka lebih besar hingga mencapai enam angka (ratusan ribu hasil milyaran) dengan melibatkan juga memori. Hal ini tentunya akan membutuhkan daya konsentrasi dan imajinasi.

Konsepnya sangat inovatif dan bernilai tinggi (ultimate-meaning). Metode AHA mengembangkan Intellectual Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ). Bersama AHA, siswa tidak hanya mahir dalam speed calculation (berhitung cepat) tetapi juga menjadi anak yang mandiri, tangguh, teliti dan juara. Melalui prinsip “Segitiga AHA” yang menjadi budaya (corporate culture) sebagai creedo, ditanamkan nilai kejujuran, tanggung jawab dan disiplin.