DENGAN AHA IMPIAN MENJADI KENYATAAN

YULI SETIYOWATI, OWNER MF JOMBANG KAB. JOMBANG

+62 856-5526-2694

 

Assalamualaikum saudaraku at WE ARE TRANSFORMER ijinkan saya untuk menceritakan perjalanan kami selama di AHA baik suka maupun duka. Berawal dari candaan berubah menjadi impian dan impian itu Alhamdulillah menjadi suatu kenyataan.

Kurang lebih lima tahun yang lalu saat anak anak teman sepermainan putra pertama kami sedang berkumpul diiringi canda tawanya yang lucu dan lugu timbul keisengan dari saya untuk mencoba memberikan pertanyaan perkalian pada anak anak yang rata rata semua kelas 6. Walaupun sambil bercanda pertanyaan demi pertanyaan dijawab dengan baik namun saat saya memberikan lagi pertanyaan perkalian 2 x 6 pada salah satu anak sebut saja JONI ternyata dia mengalami kebingungan dan tidak bisa menjawab karena memang ternyata dia tidak hafal perkalian sama sekali. Ya Allah….sebenarnya ini yang salah anaknya,

orang tuanya atau gurunyakah??? Pertanyaan itu yang sempat terbersit dalam benak saya. Seandainya saja ada suatu metode yang bisa membantu mempermudah anak anak dalam perkalian pasti akan saya gunakan membantu mereka terutama anak anak dilingkungan tempat tinggal saya. Tanpa saya sadari keinginan keinginan itu terbawa dalam tidur.

Berselang dua bulan kemudian saya mendapatkan telepon dari salah satu teman SMA yang tidak lain adalah ibu Shinta Indrawati . Beliau memberikan khabar kepada saya dan suami untuk melihat beliau mengikuti pelatihan AHA.

AHA ???? apa itu ???? sama sekali kami tidak tahu apa itu AHA. Browsing sana sini namun lucunya yang muncul adalah kata AHAS. Singkat cerita…. kami akhirnya

mengikuti pelatihan AHA di bulan Oktober 2012 dengan trainer bapak ARIF ARYA SETYAKI .Sp.BOKA. Saat itu pesertanya hanya para srikandi srikandi tangguh ibu Shinta, ibu Utik, ibu Ning dan saya sendiri yang disusul oleh ibu Ria pada malam harinya..seru..seru banget..penuh tawa dan kegembiraan.

AHA pun berkembang ditempat kami dan jadilah AHA MF JOMBANG. Segala rintangan telah kami lalui, segala cara telah kami upayakan untuk bisa mempertahankan kelangsungan AHA dan menjaga nama baik AHA di kota kami. Kami terus mempelajari berbagai cara dan trik trik khusus yang bisa membantu anak – anak untuk mempermudah mengerjakan matematika. Sampai suatu ketika lahirlah MOKA SILVER yang Alhamdulillah mendapat respon positif luar biasa dari wali murid siswa AHA di tempat kami. Dengan kombinasi metode AHA dan trik trik khusus itulah akhirnya kami bisa mendongkrak nilai kurang dari 6 menjadi nilai minimal 9,00 di ujian UN/US kelas 6.

Sekian lama perjalanan yang hampir lima tahun ini, kami telah mendapatkan banyak sekali pelajaran hidup yang dapat kami ambil hikmahnya, ada suka ada duka..ada gembira bahkan ada tangis yang mengharukan. 1,2 tahun yang lalu tepatnya tanggal 29 Juli 2016 hari Jumat yang menurut kebanyakan orang adalah hari yang penuh berkah memberikan pelajaran dan kejutan yang luar biasa bagi kamiseluruh keluarga besar AHA MF JOMBANG. Dimana hari itu seorang ibu berjilbab dengan seorang anak laki laki seumuran anak saya no 3 datang untuk mendaftarkan putranya tersebut. Nama putranya sebut saja RICHI

kelahiran kota Blitar . Seperti biasa setiap ada calon siswa, kami selalu meminta untuk menunjukkan jari jemarinya membentuk symbol 8 symbol AHA yang sebelumnya kami contohkan terlebih dahulu. Begitu juga dengan Richi…..dan

alangkah terkejutnya saya dan suami setelah melihat jari jemarinya yang mungil itu yang hampir semuanya hanya setengah dari jari normal dan hanya ibu jari dengan jari telunjuk saja yang sempurna. Ya ALLAH sedih dan kasihan bercampur menjadi satu sampai tidak ada satupun kata yang bisa keluar dari mulut kami berdua, yang ada dibenak saya hanya satu pertanyaan…… bisa tidak ya kami

menerima Richi di AHA??? karena syarat untuk bisa belajar di AHA adalah mereka yang mempunyai jari lengkap sempurna. Kami hanya diam dan terpaku sesaat.Namun dalam diam dan keterpakuan kami berdua ALLAH segera menyadarkan kami dan menyelipkan perasaan yang berdosa dihati kami seandainya Richi tidak kami terima untuk belajar di AHA. Richi mempunyai hak untuk belajar, Richi mempunyai hak yang sama seperti anak yang normal , Richi mempunyai hak untuk bisa berhitung dengan cepat meskipun jari jemarinya tidak sempurna, Richi mempunyai hak semuanya yang terbaik meskipun dia hanya seorang anak difabel. Alhamdulillah saat itu ALLAH menuntun dan memampukan kami berdua untuk bisa mengucapkan kata kata….”Richi bisa belajar di AHA

bu..akan kami bantu Richi sampai Richi bisa perkalian..sampai Richi bisa berhitung dengan cepat”. Akhirnya kami bekerjasama dengan para instruktur untuk membuat Richi nyaman belajar di AHA , membuat Richi lebih percaya diri dan membuat Richi merasa disayangi dan diperhatikan tanpa ada perbedaan antara dia yang difabel dengan mereka yang normal.

Singkat cerita dengan kuasa ALLAH akhirnya Richi berhasil melewati level prebasic, berhasil dalam perkalian dan berhasil dalam berhitung dengan jari

jemarinya yang tidak sempurna SUBHANALLAH. Namun sayang Richi hanya belajar sampai level Basic saja dan kamipun harus berpisah dengan dia karena Richi harus pindah tempat ke kota lain mengikuti ayahnya yang pindah kerja.

It’s ok Richi meskipun hanya sampai level Basic tetapi kamu sudah membuktikan dan memberikan pelajaran hidup berharga kepada kami bahwa seorang Richi yang difabel bisa menghitung dengan cepat layaknya anak – anak normal. Semoga ilmu yang sedikit kami berikan dapat bermanfaat buat kehidupan kamu dikemudian hari .

PELUK KANGEN DARI KAMI AHA MF JOMBANG.. DOA KAMI SELALU MENYERTAI KAMU ..RICHI .

Alhamdulillah. Inilah IMPIAN YANG MENJADI KENYATAAN

Impian bisa membantu anak anak dalam perkalian dan berhitung matematika kenyataannya bisa mendongkrak nilai dibawah 6 menjadi minimal 9, dan khabar yang sangat menggembirakan buat kami 2 hari yang lalu ibu wali murid alumni siswa AHA datang ke kantor kami dan menyampaikan bahwa putranya alumni AHA tahun 2014 telah berhasil mendapatkan JUARA 2 LOMBA OSN TINGKAT KABUPATEN JOMBANG.

Semua yang telah kami capai ini bukanlah semata mata hasil dari kerja keras kami berdua tetapi banyak pihak yang telah membantu kami dalam mewujudkan semua impian menjadi kenyataan.

Karena itu kami selaku owner dari AHA MF JOMBANG mengucapkan bannyak terimakasih kepada :

  1. ALLAH SWT yang telah memudahkan, melancarkan dan mengabulkan cita cita dan kebutuhan kami .
  2. Bapak ARIF ARYA SETYAKI .Sp.BOKA. yang telah memberikan semua ilmu tentang AHA sehingga kami bisa mewujudkan impian membantu anak anak bisa perkalian dan hitung cepat dengan menggunakan jari.
  3. Ibu SHINTA INDRAWATI yang telah memberikan khabar tentang AHA ini sehingga kami bisa mewujudkan impian kami.
  4. Semua INSTRUKTUR yang telah menyumbangkan tenaga dan ilmunya sehingga AHA MF JOMBANG bisa bertahan dan berkembang sampai sekarang.

Dibalik suka duka pasti ada hikmah yang dapat kita ambil sebagai pelajaran hidup untuk meningkatkan kualitas diri kita. Dan satu hal yang lebih penting lagi bahwa

APA YANG KITA DAPATKAN SAAT INI ADALAH HASIL DARI IMPIAN DAN PEMIKIRAN DI MASA LALU.

SEMOGA BERMANFAAT BAGI SEMUA. AMIN.